Selasa, 27 September 2011

[random] geblek

sebuah cerita, saya adalah mahasiswa komunikasi di PTN papan atas kota Malang. saya angkatan 2008, dan saya mempunyai pandangan bahwa adik tingkat jurusan saya yang masuk tahun 2010 adalah angkatan yang geblek. ada beberapa sebab yang buat saya berkata seperti itu. 

pertama, jika berargumen terkesan menjatuhkan, debat kusir dan ingin kita mengikuti apa argumen dia. tapi tidak punya dasar dalam mengeluarkan argumen. mungkin ini fase yang dialami hampir semua mahasiswa baru, masih suka debat. bisa dimaklumi, dan kita dulu mungkin pernah kaya gitu. kenapa saya katakan geblek ya karena masih ga mau fleksibel. kita dulu juga geblek pastinya, lambat laun pasti ada progresnya jadi lebih baik.

kedua, kurang menghargai orang lain. ambil contoh saya pernah mengikuti suatu seminar ESQ di kampus, dengan mayoritas peserta anak 2010. karena hall untuk menggelar seminar ga cukup, sebagian dipindah di kelas terdekat. situasi di kelas tsb chaos. mayoritas anak ngobrol, sibuk dengan gadget, telepon, bahkan ada beberapa anak yang main uno di depan kelas dengan membentuk posisi duduk melingkar, di depan kelas. WOY! di depan kelas main uno? itu udah menunjukkan kegeblekan yang mentok, udah ga bisa lebih geblek lagi. itu sedang ada seminar, setidaknya hargai pemateri dengan duduk tenang dan diam. kegiatan lain asal tidak mengganggu bisa dimaklumi asal gak mengganggu banget seperti "semua duduk manis di bangku masing-masing dan beberapa anak duduk melingkar di depan kelas sambil main uno" geblek.

ketiga, singkat cerita disebuah kelas yang mayoritas isinya 2010, seorang dosen ingin ada koordinator kelas untuk mendistribusikan materi kuliah. lalu anak 2010 menunjuk anak 2008 yang minoritas dan tidak ada yang mau jadi koordinator kelas. hahaha ini hal yang sangat sepele tapi sangat geblek. ya sebagai mahasiswa baru tahun kemaren, mahasiswa komunikasi pula, kenapa ga mau show off sebagai mahasiswa komunikasi yang responsible? yaemang gak masalah lah kalo yang jadi koordinator kelas anak 2008, tapi anak 2010 semakin keliatan aja dong gebleknya.

itu segelintir cerita dan akan saya akhiri kerandomannya dengan sebuah kata-kata:

"Tentu saja saya tidak lebih geblek dengan terlalu cepat menggeneralisasikan angkatan 2010 adalah angkatan yang geblek, pasti banyak lah yang pinter, yang kritis. semuanya emang butuh progres."

sabar aja sampe kita liat progresnya muncul buat modal bersosialisasi di masyarakat suatu hari nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar