Jumat, 14 Oktober 2011

[random] bubarkan?

Indonesia negaranya luas secara geografis. Tapi berat di Jawa, dalam artian sebagian besar penduduk ada di Jawa. Ketidakrataan dalam segala hal terjadi, karena semua terpusat di Jawa.

pernah kepikiran ga sih kalo mending kita bubarin aja negara ini lalu bikin negara kecil-kecil. katanya daerah-daerah di Indonesia ini punya potensi. sayang kan kalo potensi dan sumber dayanya selalu dimanfaatkan pusat, yang merupakan orang yang punya kepentingan. paling tidak Indonesia yang luas ini dijadikan negara dengan negara-negara bagian kaya Amerika gitu, APBN masuk dari sumber daya masing-masing daerah. tentu yang menjalankan adalah putra-putra daerah yang otomatis concern. mungkin Indonesia bisa lebih maju gitu. poinnya adalah, orang-orang pinggiran, orang-orang kecil yang tidak terjamah itu mari kita samaratakan, kita dapat lakukan pembangunan ke daerah-daerah terpencil dan tertinggal sehingga modernisasi dapat masuk ke segala lini. sehingga masyarakatnya bisa lebih open-mind, lebih "pintar". Diharapkan dengan pengelolaan per daerah, bisa semakin masuk ke pelosok gitu, karena sudah tau target.

apa sih yang bikin negara ini tetep satu. tetep gini gini aja, dan tetep menyedihkan. aku Indonesia, punya nasionalisme. tapi orang-orang diatas sana yang punya wewenang atas negara ini apa punya jiwa merah-putih? yakinkah kalo hatinya tergerak menjadi eksekutif bangsa ini bukan karena uang? kepentingan tertentu?  terus nasionalisme berarti cuma sekedar kosakata? terus kenapa ga dibubarin aja sih negara ini. minimal cerdaskanlah orang-orang desa. optimalkan potensi daerah biar bisa membangun sendiri. minimal kasih upaya yang punya dampak long term yang sangat bagus, bukan yang nanggung apalagi ga ada upaya sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar