Jumat, 12 Juli 2013

#RamadhanBercerita Day 3: Manusia Tempatnya Salah

kalian pernah salah ucap ga sih?
atau salah apapun yang membuat kalian merasa melanggar norma yang menyebabkan perasaan guilty?

ya pernah lah. manusia gitu. kan sesuai dengan quote klise yang diucapkan manusia-manusia dari masa lampau: "yaah namanya juga manusia, tempatnya salah".

ya emang manusia tempatnya salah dan dosa. bahkan manusia pertama di dunia ini sampai di muka bumi karena dia bikin salah. jadi, bikin salah adalah kodrat manusia.
tapi pernah ga sih kalian pakai quote "yaah namanya juga manusia, tempatnya salah" ketika kalian berbuat salah? HAH? PERNAH??? 
seakan-akan quote itu jadi excuse setiap kalian buat salah gitu?

tapi kalo menurut saya, manusia itu emang tempatnya salah. ya semua orang tau kalo manusia suka bikin salah. Doraemon aja tau kalo Nobita suka bikin salah, makanya dia nemenin Nobita biar Nobita jadi anak yang baik. akan tetapi kita ga punya Doraemon, sementara kita selalu bikin salah setiap waktu. what should we do?

kalo kita sebagai orang, barangkali seseorang pernah berbuat salah sama kita. kita emang ga pernah berharap dia berbuat salah sama kita. kita cuma perlu menanam mindset bahwa "nobody's perfect". oleh karena itu manusia ga perlu perfect, tapi harus human. iya, human yang tempatnya salah itu. akan tetapi jangan mentang-mentang kita human yang selalu salah lalu kita menjadikan quote "yaah namanya juga manusia, tempatnya salah" untuk jadi excuse ketika kita punya salah. apa yang diharapkan ketika quote itu dikatakan? kita akan memaklumi semua kesalahan? membenarkan semua perilakunya like treating a retarded kids? kan kita udah sama-sama tau kalo manusia selalu salah, jadi kalo kita lagi salah kenapa kita mengucap quote klise itu buat pembelaan? kaya kita manusia yang jual tahu lalu ditanya, "kenapa jual tahu?" lalu kita jawab "yaah namanya juga jual tahu"

sebagai manusia, kalo salah ya minta maaf lah. Maaf itu Doraemon kita. maaf itu sakti banget kaya Doraemon, bisa merubah keadaan yang awalnya berantakan jadi kembali seperti semula. asal, minta maafnya sepenuh hati.

*BYUUUURRR*

*kaget* aduh, oh maap-maap barusan saya tidur, barusan diguyur mama saya karena udah jam jumatan. ngeri banget saya tidur bisa ngetik, mana tulisan saya ternyata berfaedah gitu. bhihihik. ya itulah berkah ramadhan. kan tidur tu ibadah. kecuali tidurnya sambil pesen nasi padang terus disembah. 

yauda sampe ketemu besok ya guys :')))

[@kitipz]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar