Rabu, 17 Juli 2013

#RamadhanBercerita Day 7: Tua

inget quote "dewasa itu bukan soal umur" ga?

tapi saya ga akan bahas soal quote itu sebenernya, saya pengen bahas umur, tepatnya umur tua. orang tua biasanya identik dengan wisdom, dan hal tersebut diperoleh dari pengalamannya selama hidup. oleh karena itu kita ga pernah dikasi wejangan sama anak kecil kan? selalu oleh orang yang lebih tua. orang yang lebih tua katanya lebih pintar, jelas itu karena pengalamannya. mungkin seorang sarjana komunikasi seperti saya ga akan lebih pintar dari kakek-kakek yang hanya lulusan Sekolah Rakyat, tapi selama hidupnya melewati banyak orde. mungkin kakek ini pernah melihat Nike Ardila mulai remaja, tenar, hingga dia meninggal. sedangkan kita bahkan tidak tau Nike Ardila itu siapa.


ngomong-omong soal tua, kalian tau Eyang Subur ga? dia tua banget. kita bisa menilai dia tua hanya dari mukanya, dia sudah sangat keriput. jika mukanya disandingkan dengan kertas yang sudah diremas-remas, masi jauh lebih keriput mukanya. sepertinya dia juga sudah tidak mempunyai gigi, dan saya tidak berani bilang bahwa 20 tahun yang lalu dia masih punya gigi atau tidak. mungkin dia adalah satu-satunya orang di Indonesia yang pernah bertemu Cornelis De Houtman.

hal yang menjadi kontradiksi dengan paragraf pertama tulisan ini adalah, Eyang Subur punya 8 istri. orang yang 20 tahun yang lalu sudah pantas menggunakan popok dewasa ini punya 8 istri. saya ga bisa membayangkan bagaimana dia menghadapi istrinya. saya ingat dulu bagaimana oma saya untuk ke kamar mandi saja harus dituntun. untuk melakukan kegiatan yang sangat personal saja harus dituntun, ini menghadapi 8 istri dengan segala problematika rumah tangga poligami dimana keadilan itu wajib hukumnya, dia menyanggupi. saya penasaran dengan orang ini.

yang lebih mengherankan adalah, beberapa diantara istri Eyang Subur mempunyai rentang usia yang jauh dengan dirinya. sangat muda dan sangat pantas untuk dijadikan cicit. lebih parah lagi istrinya muda dan cantik, anda mungkin mau menukar beberapa tante, sepupu, dan ibu tiri kalian untuk satu saja istri eyang subur ini, dan anda tidak akan tega untuk memoligaminya. mungkin satu-satunya alasan mengapa Eyang Subur memperistri wanita muda adalah, wanita seusianya sudah mati.

beberapa waktu yang lalu, Ustadz Jeffri Al Buchori meninggal, semua orang seperti "innalillahi.. orang baik pasti diambilnya cepat...". beberapa bulan yang lalu presenter bola Ricky Johannes juga meninggal dunia, dan semua orang seperti "astaga aku lihat dia kemarin bawain acara bola, kenapa orang baik selalu meninggalnya cepat sekali, padahal anaknya masih kecil-kecil...". tentu hal ini tidak terjadi pada Eyang Subur. Karena dia masih ada di muka bumi, masih bernafas, masih dengan kegiatan poligaminya dan supranaturalnya. hal ini termasuk misteri Ilahi yang manusia tidak tahu alasannya. akan tetapi jika Eyang Subur meninggal, pasti semua orang akan seperti "Oh Eyang Subur meninggal? udah waktunya kali...".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar